Rabu, 26 Oktober 2011

Proposal Penyewaan Buku dan Majalah

PROPOSAL USAHA PENYEWAAN BUKU DAN MAJALAH

        I.            LATAR BELAKANG
          Buku adalah jendela dunia, dengan membaca kita dapat mendapatkan banyak informasi.  itulah yang dapat memacu seseorang untuk membaca,  mengingat bahwa kesadaran masyarakat akan membaca sangatlah rendah. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menumbuhkan minat baca pada masyarakat dengan mengadakan penyewaan buku yang saat ini sudah jarang kita jumpai. Penyewaan buku inilah sangat efektif apalagi dapat menjangkau orang  – orang yang kurang mampu,  yang tidak dapat membeli buku dengan harga mahal namun dapat menyewanya dan bahkan membacanya tanpa harus membeli. penyewaan buku ini juga dapat menjangkau para pelajar yang tidak mampu untuk membeli buku dengan harga murah, sehingga dapat terus berpretasi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

      II.            TUJUAN

Tujuan didirikan usaha penyewaan buku ini yaitu:
a. Menanamkan minat baca yang tinggi terhadap masyarakat.
b. Membaca buku tanpa harus mebeli (menyewa)
c.  Membantu pelajar yang tidak mampu untuk membeli buku.

    III.            IDENTITAS PERUSAHAAN
Nama perusahaan        : Rumah baca “Warna”
Alamat perusahaan     : Jalan Cimahi Raya no  44 cinere, Jakarta Selatan.
Jam  Kerja                          : 09.00 – 19.00 WIB

   IV.            SARANA DAN PRASARANA
Rumah baca “Warna” merupakan tempat belajar yang nyaman, dilengkapi dengan AC, koleksi buku yang lengkap yang ditata rapi dirak-rak buku, terdapat kantin yang menyediakan makanan dan minuman, terdapat wifi disekitar area, dikelilingi taman yang terdengar gemercik air dapat menambah konsentrasi dalam belajar.
Adapun fasilitas yang dapat digunakan yaitu:
a. Kartu anggota yang harus diperbarui 6 bulan sekali.
b. Biaya sewa yang ringan.
c.  Free Wifi
d. Kantin yang terjangkau.


Kami menyewakan buku-buku :
·         Buku pelajaran
·         Buku cerita anak
·         Komik
·         Majalah
·         Buku pengetahuan umum
·         Buku agama
·         Kamus
·         Ensiklopedia
·         Dll

     V.            SASARAN USAHA
Sasaran usaha dari rumah baca “Warna” adalah pelajar TK,SD,SMP,SMA,mahasiswa, dan masyarakat umum.
   VI.            INVESTASI AWAL
1)      Sewa Tempat selama 1 (satu) tahun : Rp.6.500.000
2)      Membeli Komik, Novel, Buku, Majalah, dll : Rp. 10.000.000
3)      Meja Sirkulasi, Rak Buku, Meja Baca, Kursi Baca, : Rp.5.000.000
4)      Installasi Hotspot/Internet : Rp. 1.500.000
5)      Tempat rak & Makanan serta Minuman : Rp. 1.000.000

 VII.            RENCANA BIAYA OPERASIONAL PERBULAN
1)      Langganan Koran, beli buku, komik, majalah : Rp. 600.000
2)      Gaji Pegawai @ Rp.850.000 : Rp. 850.000
3)      Biaya langganan hotspot : Rp. 350.000
4)      Listrik : Rp. 150.000

VIII.            PENDAPATAN YANG DIHARAPKAN
Dengan usaha yang demikian, agar nyaman, menyenangkan, sesuai dengan bagdet pelajar, dapat diterima di masyarakat, mampu bersaing dengan yang lain, dan mungkin belum ada ditempat yang lain. Diharapkan pula menghasilkan pemasukan yang maksimal antara lain:
1)      Baca sepuasnya (Rp. 2000,-)
2)      Baca berlangganan perbulan sepuasnya (Rp. 30.000,-)
3)      Penyewaan buku / majalah (Rp.3000,-/minggu)untuk 1 buku
4)      Pendapatan dari makanan dan minuman

    IX.            PENUTUP
          Semoga usaha penyewaan buku dan majalah ini dapat memberi manfaat untuk kita semua, dan semoga menjadi peluang usaha yang baik yang memberikan keuntungan dunia dan akhirat, karena membantu mencerdaskan putra-putri bangsa. Dengan catatan, buku-buku yang ada adalah yang mendatangkan nilai positif.

Selasa, 25 Oktober 2011

10 Definisi Bisnis Menurut Para Ahli


 1.     Mahmud Machfoedz
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.


2.     Blown dan Petrello (1976)

“Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.


3.     Steinford (1979)

“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.


4.     Griffin dan Ebert (1996)

“Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit”. Sejalan dengan definisi tersebut, aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.


5.     Hughes dan Kapoor

“Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry. Maksudnya Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.


6.     Allan Afuah (2004)

Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.


7.     Glos, Steade dan Lowry (1996)

Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.


8.     Musselman dan Jackson (1992)

Menurut Musselman dan jackon bisnis adalah suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.


9.     Huat, T. Chwee (1990)

Menurut T. Chwee, bisnis merupakan suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa
untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.


10. Robert T Kiyosaki

Bisnis adalah bukan sekedar jual produk atau jasa, tetapi ditambah dengan system.
Menurut pakar bisnis Robert T Kiyosaki ada tiga cara untuk memiliki sistem sbb:
1. Membuat sendiri ( misal perusahaan, modal > 1 M )
2. Membeli waralaba ( modal >100 Juta )
3. Mengikuti pemasaran jaringan ( termasuk Networking, MLM , Online bussines seperti reseller dan affiliate program )
Pemasaran jaringan adalah suatu proses investasi yang sederhana. Jika begitu sederhananya proses untuk sukses mengapa tidak banyak orang yang berminat ?
Jawabannya persis yang di utarakan oleh Robert T Kiyosaki dalam bukunya GUIDE TO INVESTING bahwa :
Investasi adalah sebuah rencana yang sederhana, suatu proses menjadi kaya yang sering kali membosankan, tidak menggairahkan dan nyaris mekanis.
Manusia cepat bosan dan ingin menemukan yang lebih menggairahkan itulah sebabnya hanya 3 dari 100 orang menjadi kaya.
Mereka mulai mengikuti rencana dan tak lama kemudian mereka bosan. Maka mereka berhenti mengikuti rencana itu dan kemudian mencari kembali cara jitu untuk menjadi kaya dengan cepat.
Mereka mengulangi proses kebosanan, kesenangan dan kebosanan lagi selama sisa hidup mereka. Mereka tidak mampu menanggung rasa kebosanan akibat mengikuti rencana sederhana yang tidak rumit untuk menjadi kaya. Kebanyakan orang megira ada suatu daya magis untuk menjadi kaya lewat investasi.
Atau mereka mengira jika suatu rencana tidak rumit, maka rencana itu pasti tidak bagus.
Percayalah jika sampai pada masalah investasi, sederhana adalah lebih baik daripada rumit ( Disadur dari buku GUIDE TO INVESTING ROBERT T KIYOSAKI ).